Prinsip Dasar Mesin Otomotif
Sebelum kita belajar lebihjauh tentang mesin bensin, pertama kita harus
mengetahui prinsip dasar kerja mesin bensin. Campuran udara dan bensin
dihisap kedalam silinder, kemudian dimampatkan/dikompresi oleh piston saat
bergerak naik, pada saat itu temperatur campuran udara dan bensin akan naik,
jika campuran tadi diberikan percikan api dari busi, maka akan menghasilkan
tekanan gas pembakaran yang tinggi dalam silinder yang bisa mendorong piston
kebawah dan keatas secara bebas. Dari gerakan turun naik tadi akan dirubah
menjadi gerak putar oleh poros engkol. Dan gerak putar itulah yang menghasilkan
tenaga pada mobil dan motor.
Langkah hisap
Saat langkah hisap Piston
bergerak kebawah, katub hisap terbuka sedangkan katub buang tertutup
mengakibatkan campuran udara dan bahan bakar mengalir kedalam silinder karena
kevakuman.
Langkah kompersi
Saat ini kedua katub tertutup dan
piston bergerak keatas setelah melewati titik mati bawah dan campuran udara
bahan bakarpun terkompresi yang membuat campuran bertekanan dan bertemperatur
tinggi sehingga mudah terbakar
Langkah usaha
Pada akhir langkah kompresi, bsi
memercikkan bunga api shingga campuran udara bahan bakar yang sudah terkompresi
terbakar dan menghasilkan ledakan dan tenaga yang besar. dan inilah yang
menghasilkan tenaga buat mesin, saat itu piston terdorong kebawah dan kedua
katub masih tertutup.
Langkah buang
Setelah langkah usaha piston akan
kembali bergerak keatas, katub buang terbuka dan gas sisa pembakaran akan
terdorong keluar melalui katub buang oleh adanya gerakan piston, dari sini
piston akan kembali bergerak kebawah untuk mengulangi proses dari langkah
hisap, siklus ini akan berulang terus menerus selama mesin hidup.
Siklus ini biasa disebut mesin 4
langkah (4 Tak)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
"orang yang baik selalu mengucap salam bila berkunjung"