Kembang api


Minggu, 08 April 2012

DNS ( Jaringan Komputer )


untuk melakukan "sharing internet connection", pertama kita seting / membuat jaringan wifi ad hoc terlebih dahulu pada notebook (wireless computer), kemudian aktifkan "Internet Connection Sharing" pada interface LAN pada notebook (wireless computer) tersebut. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Colokkan kabel LAN dari modem atau jaringan ke port LAN Notebook.
  2. Aktifkan interface WiFi pada pada Notebook (wireless computer).
  3. Klik tombol Windows Start, pada kolom Search programs and files ketik: adhoc kemudian enter.
  4. Jendela Setup Ad Hoc Network akan terbuka, klik Next untuk melanjutkan
  5. Pada kolom Network name isi dengan nama yang akan kita gunakan sebagai SSID, contohnya: CATATANTEKNISI, Pilih mode security; WEP, WPA2-Personal atau Open. Dalam contoh ini saya memilih mode Open, kemudian klik Next.
  6. Akan muncul jendela The CATATANTEKNISI network is ready to use, dan pada bagian bawah terdapat pilihan: Turn on Internet connection sharing. klik pada bagian ini untuk mengaktifkan fitur internet connection sharing. Setelah selesai klik Close.
  7. Dengan mengaktifkan internet connection sharing pada jaringan ad hoc tersebut, secara otomatis akan membuat IP Address dari wireless LAN menjadi 192.168.37.1 / 24. Interface Local Area Connection menjadi Shared, sedangkan Wireless Network Connection masih Not Connected, karena belum ada user yang connect ke jaringan Ad hoc atau SSID CATATANTEKNISI.
  8. Agar komputer atau notebook lain dapat terhubung ke internet lewat notebook (wireless computer) kita, maka kita harus men-set secara manual IP Address di tiap-tiap notebook dengan IP Address sebagai berikut:
    • IP Address yang dapat digunakan mulai dari : 192.168.137.2 sampai dengan 192.168.137.254
    • Subnet Mask : 255.255.255.0
    • Default Gateway : 192.168.137.1 (IP Address Notebook kita)
    • Prefered DNS server: 192.168.137.1 (IP Address Notebook kita)
  9. Selanjutnya untuk memulai sharing koneksi internet, hubungkan Wireless tiap-tiap notebook tersebut ke SSID CATATANTEKNISI 
  10. Setelah terhubung, lakukan perintah ping atau traceroute ke google.com. Hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah.
Internet sharing adalah kemampuan untuk melakukan sharing/berbagi koneksi internet. Dengan hanya sebuah saluran komunikasi (misalnya telepon) beberapa komputer bisa digunakan secara bersama-sama sekaligus untuk koneksi ke internet. Tentu biaya komunikasi (dalam hal ini adalah telepon) dan akses internet dapat dibagi ke semua komputer workstation sehingga biayanya leih murah. Secara garis besar, komponen-komponen internet sharing adalah :
1. Gateway
2. Jaringan/LAN yang terdiri dari workstation-workstation
3. Koneksi internet.
Sejarah DNS
Sebelum dipergunakannya DNS, jaringan komputer menggunakan HOSTS files yang berisi informasi dari nama komputer dan IP address-nya. Di Internet, file ini dikelola secara terpusat dan di setiap loaksi harus di copy versi terbaru dari HOSTS files, dari sini bisa dibayangkan betapa repotnya jika ada penambahan 1 komputer di jaringan, maka kita harus copy versi terbaru file ini ke setiap lokasi. Dengan makin meluasnya jaringan internet, hal ini makin merepotkan, akhirnya dibuatkan sebuah solusi dimana DNS di desain menggantikan fungsi HOSTS files, dengan kelebihan unlimited database size, dan
performace yang baik. DNS adalah sebuah aplikasi services di Internet yang menerjemahkan sebuah domain name ke IP address. Sebagai contoh, www untuk penggunaan di Internet, lalu diketikan nama domain, misalnya: yahoo.com maka akan di petakan ke sebuah IP mis 202.68.0.134. Jadi DNS dapat di
analogikan pada pemakaian buku telepon, dimana orang yang kita kenal berdasarkan nama untuk menghubunginya kita harus memutar nomor telepon di pesawat telepon. Sama persis, host computer mengirimkan queries berupa nama komputer dan domain name server ke DNS, lalu oleh DNS dipetakan ke IP address.
Domain Name System (DNS)
Domain Name System (DNS) adalah distribute database system yang digunakan untuk pencarian nama komputer (name resolution) di jaringan yang mengunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). DNS biasa digunakan pada aplikasi yang terhubung ke Internet seperti web browser atau e-mail, dimana DNS membantu memetakan host name sebuah komputer ke IP address. Selain digunakan di Internet, DNS juga dapat di implementasikan ke private network atau intranet dimana DNS memiliki keunggulan seperti:
1. Mudah, DNS sangat mudah karena user tidak lagi direpotkan untuk mengingat IP address
sebuah komputer cukup host name (nama Komputer).
2. Konsisten, IP address sebuah komputer bisa berubah tapi host name tidak berubah.
3. Simple, user hanya menggunakan satu nama domain untuk mencari baik di Internet maupun di
Intranet.
Apa itu DNS?
DNS dapat disamakan fungsinya dengan buku telepon. Dimana setiap komputer di jaringan Internet memiliki host name (nama komputer) dan Internet Protocol (IP) address. Secara umum, setiap client yang akan mengkoneksikan komputer yang satu ke komputer yang lain, akan menggunakan host name. Lalu komputer anda akan menghubungi DNS server untuk mencek host name yang anda minta tersebut berapa IP address-nya. IP address ini yang digunakan untuk mengkoneksikan komputer anda dengan komputer lainnya.
Struktur DNS
Domain Name Space merupakan sebuah hirarki pengelompokan domain berdasarkan nama, yang terbagi menjadi beberapa bagian diantaranya:
Root-Level Domains Domain ditentukan berdasarkan tingkatan kemampuan yang ada di struktur hirarki yang disebut dengan level. Level paling atas di hirarki disebut dengan root domain. Root domain di ekspresikan berdasarkan periode dimana lambang untuk root domain adalah (“.”).
Top-Level Domains
Pada bagian dibawah ini adalah contoh dari top-level domains:
- com Organisasi Komersial
- edu Institusi pendidikan atau universitas
- org Organisasi non-profit
- net Networks (backbone Internet)
- gov Organisasi pemerintah non militer
- mil Organisasi pemerintah militer
- num No telpon
- arpa Reverse DNS
- xx dua-huruf untuk kode negara (id:Indonesia,sg:singapura,au:australia,dll)
Top-level domains dapat berisi second-level domains dan hosts.
Second-Level Domains
Second-level domains dapat berisi host dan domain lain, yang disebut dengan subdomain. Untuk contoh: Domain Bujangan, bujangan.com terdapat komputer (host) seperti server1.bujangan.com dan subdomain training.bujangan.com. Subdomain training.bujangan.com juga terdapat komputer (host) seperti client1.training.bujangan.com.
Host Names
Domain name yang digunakan dengan host name akan menciptakan fully qualified domain name (FQDN) untuk setiap komputer. Sebagai contoh, jika terdapat fileserver1.detik.com, dimana fileserver1 adalah host name dan detik.com adalah domain name.
Bagaimana DNS itu bekerja?
Fungsi dari DNS adalah menerjemahkan nama komputer ke IP address (memetakan). Client DNS disebut dengan resolvers dan DNS server disebut dengan name servers. Resolvers atau client mengirimkan permintaan ke name server berupa queries. Name server akan memproses dengan cara mencek ke local database DNS, menghubungi name server lainnya atau akan mengirimkan message failure jika ternyata permintaan dari client tidak ditemukan.
Proses tersebut disebut dengan Forward Lookup Query, yaitu permintaan dari client dengan cara memetakan nama komputer (host) ke IP address.
Electronic Main atau e-mail.
Email adalah surat atau pesan elektronik yang dikirimkan dan diterima oleh dan antar individu atau komputer. Email bekerja seperti mesin penjawab telpon, walaupun kita tidak sedang online dengan internet kita masih bisa menerima email dari seluruh penjuru dunia.
Saat ini, email tidak hanya berisi teks saja tetapi sudah bisa dilampiri dengan grafik, gambar foto dan juga suara bahkan animasi. Email juga dapat digunakan untuk berkirim surat secara langsung kepada beberapa orang sekaligus. Berkirim dan menerima email, saat ini sudah menjadi hal yang umum dilakukan orang di internet. Kita bisa berkomunikasi dengan siapa saja di seluruh dunia dengan fasilitas email ini, asalkan sudah memiliki alamat email tertentu.
contoh alamat
email :
duik@peter.petra.ac.id, steam2002@hotpop.com
*      Address Fungsinya sama dengan buku telepon. Bisa diisi secara manual di bagian Quick Add atau langsung dari link Add to Address (terlihat ketika membuka isi e-mail).
*      Calendar Fungsinya sebagai diary atau organizer dalam mode Daily, Weekly, Monthly, Yearly, Even List, dan Task List.
Daily : menampilkan event tiap jamnya.
Weekly : menampilkan event tiap hari dalam seminggu.
Monthly : menampilkan event tiap hari dalam sebulan.
Yearly : menampilkan event tiap hari dalam setahun.
Event List : menampilkan semua event dalam setahun.
Task List : menampilkan Task dalam setahun
Bila tanggal event sama dengan tanggal saat ini, maka secara otomatis Yahoo akan mengirim pesan pengingat ke e-mail.
*      Mailing List Fungsinya untuk saling bertukar informasi dan tukar pikiran tentang suatu topik pembicaraan tertentu yang telah ditentukan sebelumnya melalui e-mail dalam suatu kelompok. Jika ada seorang anggota kelompok yang mengirimkan surat maka semua anggota akan mendapatkan surat tersebut.
Untuk menjadi anggota dari suatu Mailing List, pertama-tama mendaftar ke suatu Mailing List. Sedangkan untuk keluar dari suatu keanggotaan, kita perlu mengirim e-mail ke alamat e-mail tertentu.
*      Mengubah Tampilan Warna E-mail (Theme)
Warna tampilan standar e-mail (theme) di Yahoo!Mail adalah biru muda. Tetapi bila kamu tipe orang yang suka bereksperimen, maka cobalah untuk mengubah warna tampilan (theme) e-mail agar kita tidak bosan dan tentu saja e-mail kita akan tampil beda.
Caranya relatif mudah. Kita cukup membuka halaman utama e-mail, lalu klik tulisan Options yang berada di sebelah kanan atas.
Kemudian klik Colour, pilihlah salah satu tema warna yang disukai dengan meng-klik Select a Theme.
Search engine adalah sistem database yang dirancang untuk mengindex alamat-alamat website di internet . Untuk melaksanakan tugasnya ini, search engine atau mesin pencari memiliki program khusus yang biasanya disebut spider crawler. Pada saat Anda mendaftarkan sebuah alamat website (URL), spider dari search engine tersebut akan menerima dan menganalisa URL tersebut lalu mengcrawlnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"orang yang baik selalu mengucap salam bila berkunjung"