Kembang api


Jumat, 19 April 2019

SIRO PERANGKAP IKAN BELITUNG





Siro atau Sero (guiding barrier) adalah perangkap ikan, dibangun oleh warga – umumnya nelayan - memanjang dari garis pantai arah ke tengah laut dengan ukuran panjang dan lebar yang bervariasi, tergantung keinginan si pembuat, yang pasti, semakin panjang dan semakin lebar siro tersebut, peluang mendapatkan ikan dalam jumlah yang lebih banyak sangat terbuka lebar. Perangkap ini akan menuntun ikan masuk ke dalam kandang dan setelah itu ikan tidak bisa lagi keluar dari perangkap.



Nelayan datang mengunjungi Siro saat air laut sedang surut kering untuk melihat ada apa tidak ikan yang sudah terperangkap. Berbagai macam jenis ikan yang terperangkap dalam Siro tersebut. Bukan Cuma ikan semata,Cumi-Cumi, atau Sotong atau Cumi Karang pun sering terperangkap masuk dalam Siro. Ikan maupun jenis cumi yang terperangkap tersebut banyakan masih hidup, jadi kesegaran ikan sudah dipastikan.



Perangkap ikan bernama Siro tersebut, untuk membuatnya bukan perkara mudah, susah-susah gampang atau gampang-gampang susah. Disamping butuh pengetahuan, membuanya juga mesti menunggu air laut sedang surut kering. Jaman sekarang ini sangat sulit menemui keberadaan Siro karena warga nelayang engan untuk membuatnya.Di wilayah Pulau Belitung sendiri, keberadaan Siro masih bisa ditemukan,



Untuk lebih Jelasnya Bagaimana Bentuk dan Cara kerjanya Siro simak saja video saya Berikut ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"orang yang baik selalu mengucap salam bila berkunjung"